Rabu, 21 Desember 2011

Satelit


Satelit adalah suatu benda yang berputar terpisah mengelilingi benda lain yang lebih berat. Satelit mempunyai gerakan tetap yang ditentukan oleh aktifitas gerakannya sendiri.

Ditinjau dari sifatnya satelit dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Sateli Alam
Satelit alam adalah satelit yang terbentuk oleh alam, misalnya, bulan adalah satelit bagi bumi sedangkan bumi adalh satelit bagi matahari.

2. Satelit Buatan
Satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia seperti satelit komunikasi. Sontoh, Satelit Palapa, Telecom atau yang lainnya. Sifat satelit komunikasi sama dengan satelit alam, yaitu melayang di angkasa akibat gaya sentrifugal dan gaya tarik menarik dengan bumi. Kedua gaya itu mempunyai arah berlawanan.

1 komentar:

  1. adanya satelit memang sangat membantu manusia dalam bidang informasi dan telekomunikasi. Salahsatunya satelit terbesar adalah Satelit SDO yang diluncurkan oleh NASA tahun 2010 lalu yang bertujuan untuk mengamati bentuk matahari lebih dekat lagi. Saya mau tanya tentang satelit, apa di dalam setiap satelit ada penghuninya ? Lalu bagaimana dengan peristiwa satelit yang jatuh ke Bumi. Apakah itu disengaja atau kecelakaan semata?

    BalasHapus